Thursday 18 November 2010

Filsafat Islam

Filsafat Islam merupakan cabang dari studi Islam , dan merupakan tradisi lama di kompatibilitas antara aql (akal) dan iman (iman).

Pendahuluan

Islamic philosophy refers to philosophy produced in an Islamic society. filsafat Islam mengacu pada filosofi yang dihasilkan dalam masyarakat Islam. It is not necessarily concerned with religious issues, nor exclusively produced by Muslims . Hal ini belum tentu peduli dengan isu-isu agama, dan bukan eksklusif dihasilkan oleh Muslim . [Oliver Leaman, Routledge Encyclopedia of Philosophy] [Oliver Leaman, Routledge Encyclopedia of Philosophy]

pengaruh Formatif

Islamic philosophy as the name implies refers to philosophical activity within the Islamic milieu. filsafat Islam sebagai namanya mengacu pada aktivitas filosofis dalam lingkungan Islam. The main sources of classical or early Islamic philosophy are the religion of Islam itself (especially ideas derived and interpreted from the Quran ), Greek philosophy which the early Muslims inherited as a result of conquests when Alexandria, Syria and Jundishapur came under Muslim rule, along with pre-Islamic Indian philosophy and Iranian philosophy . Sumber utama dari awal Islam filsafat atau klasik adalah agama Islam itu sendiri (terutama ide dan diinterpretasikan berasal dari Quran ), filsafat Yunani yang diwarisi umat Islam awal sebagai akibat dari penaklukan ketika Alexandria, Suriah dan Jundishapur berada di bawah kekuasaan Islam, bersama dengan pra-Islam filsafat India dan filsafat Iran . Many of the early philosophical debates centered around reconciling religion and reason, the latter exemplified by Greek philosophy. Banyak perdebatan filosofis awal berpusat di sekitar mendamaikan agama dan alasan, yang terakhir dicontohkan oleh filsafat Yunani. One aspect which stands out in Islamic philosophy is that, the philosophy in Islam travels wide but comes back to conform it with the Quran and Sunna. Salah satu aspek yang menonjol dalam filsafat Islam adalah bahwa, filsafat dalam Islam perjalanan luas namun kembali agar sesuai dengan Quran dan Sunnah.

Islam filsafat Awal
Main article: Early Islamic philosophy Artikel utama: Awal Filsafat Islam

In early Islamic thought, which refers to philosophy during the " Islamic Golden Age ", traditionally dated between the 8th and 12th centuries, two main currents may be distinguished. Dalam pemikiran Islam awal, yang mengacu pada filosofi selama " Golden Age Islam ", secara tradisional antara tanggal 12 dan abad ke-8, dua arus utama dapat dibedakan. The first is Kalam , that mainly dealt with Islamic theological questions, and the other is Falsafa , that was founded on interpretations of Aristotelianism and Neoplatonism . Yang pertama adalah Kalam , yang terutama ditangani dengan teologis Islam pertanyaan, dan yang lainnya adalah filsafat , yang didirikan pada interpretasi dari Aristotelianisme dan Neoplatonisme . There were attempts by later philosopher-theologians at harmonizing both trends, notably by Ibn Sina (Avicenna) who founded the school of Avicennism , Ibn Rushd (Averroës) who founded the school of Averroism , and others such as Ibn al-Haytham (Alhacen) and Abū Rayhān al-Bīrūnī , Ada upaya oleh filsuf-teolog kemudian di harmonisasi baik tren, terutama oleh Ibnu Sina (Avicenna) yang mendirikan sekolah Avicennism , Ibn Rusyd (Averroes) yang mendirikan sekolah Averroism , dan lain-lain seperti Ibn al-Haytham (Alhacen) dan Abu Rayhan al-Biruni ,

Kalam
Main article: Kalam Artikel utama: Kalam

Kalām ( Arabic : علم الكلام) is the philosophy that seeks Islamic theological principles through dialectic . Kalam ( bahasa Arab : علم الكلام) adalah filsafat yang berupaya teologis Islam prinsip melalui dialektika . In Arabic the word literally means "speech". Dalam bahasa Arab kata harfiah berarti "pembicaraan". One of first debates was that between partisan of the Qadar ( Arabic : qadara , to have power), who affirmed free will , and the Jabarites (jabar, force, constraint), who believed in fatalism . Salah satu perdebatan pertama adalah bahwa antara partisan dari Qadar ( bahasa Arab : qadara, untuk memiliki kekuatan), yang menegaskan kehendak bebas , dan Jabarites (jabar, force, constraint), yang percaya pada fatalisme .

At the second century of the Hijra , a new movement arose in the theological school of Basra , Iraq . Pada abad kedua Hijrah , sebuah gerakan baru muncul di sekolah teologis Basra , Irak . A pupil, Wasil ibn Ata , who was expelled from the school because his answers were contrary to then sunni tradition and became leader of a new school, and systematized the radical opinions of preceding sects, particularly those of the Qadarites and Jabarites. Seorang murid, Wasil ibn Ata , yang dikeluarkan dari sekolah karena jawabannya bertentangan dengan tradisi Sunni kemudian dan menjadi pemimpin dari sebuah sekolah baru, dan sistematis pendapat radikal dari sekte sebelumnya, terutama dari Qadarites dan Jabarites. This new school was called Mutazilite (from i'tazala, to separate oneself). Sekolah ini baru itu disebut Mutazilite (dari i'tazala, untuk memisahkan diri).

The Mutazilites, compelled to defend their principles against the sunni Islam of their day, looked for support in philosophy , and are one of the first to pursue a rational theology called Ilm-al- Kalam ( Scholastic theology ); those professing it were called Mutakallamin . The Mutazilites, dipaksa untuk mempertahankan prinsip mereka terhadap Islam sunni hari mereka, mencari dukungan dalam filsafat , dan merupakan salah satu yang pertama untuk mengejar teologi rasional disebut Ilm al- Kalam ( Scholastic teologi ), yang mengaku hal itu disebut Mutakallamin . This appellation became the common name for all seeking philosophical demonstration in confirmation of religious principles. sebutan ini menjadi nama umum bagi semua demonstrasi filosofis mencari dalam konfirmasi dari prinsip-prinsip agama. But subsequent generations were to large extent critical towards the Mutazilite school, especially after formation of the Asharite concepts. Tetapi generasi berikutnya adalah untuk sebagian besar kritis terhadap sekolah Mutazilite, terutama setelah pembentukan Asharite konsep.

filsafat
See also: Avicennism and Averroism Lihat juga: Avicennism dan Averroism

From the ninth century onward, owing to Caliph al-Ma'mun and his successor, Greek philosophy was introduced among the Persians and Arabs , and the Peripatetic school began to find able representatives among them; such were Al-Kindi , Al-Farabi , Ibn Sina (Avicenna) , and Ibn Rushd (Averroës) , all of whose fundamental principles were considered as criticized by the Mutakallamin. Dari abad kesembilan dan seterusnya, karena Khalifah al-Ma'mun dan penggantinya, filsafat Yunani diperkenalkan antara Persia dan Arab , dan sekolah Peripatetik mulai menemukan perwakilan bisa di antara mereka; seperti itu Al-Kindi , Al-Farabi , Ibnu Sina (Avicenna) , dan Ibnu Rusyd (Averroes) , semua prinsip-prinsip dasar yang dianggap sebagai dikritik oleh Mutakallamin. Another trend, represented by the Brethren of Purity , used Aristotelian language to expound a fundamentally Neoplatonic and Neopythagorean world view. Kecenderungan lain, diwakili oleh Ikhwan dari Kemurnian , menggunakan bahasa Aristoteles untuk menjelaskan sebuah fundamental Neoplatonis dan Neopythagorean pandangan dunia.

During the Abbasid caliphate a number of thinkers and scientists, some of them heterodox Muslims or non-Muslims, played a role in transmitting Greek, Hindu , and other pre-Islamic knowledge to the Christian West . Selama khalifah Abbasiyah sejumlah pemikir dan ilmuwan, beberapa dari mereka heterodoks Muslim atau non-Muslim, memainkan peran dalam transmisi Yunani, Hindu , dan pengetahuan pra-Islam lainnya kepada Kristen Barat . They contributed to making Aristotle known in Christian Europe . Mereka memberikan kontribusi untuk membuat Aristoteles dikenal di Kristen Eropa . Three speculative thinkers, al-Farabi , Ibn Sina (Avicenna) and al-Kindi , combined Aristotelianism and Neoplatonism with other ideas introduced through Islam. Tiga spekulatif pemikir, al-Farabi , Ibn Sina (Avicenna) dan Al-Kindi , kombinasi Aristotelianisme dan Neoplatonisme dengan ide-ide lainnya diperkenalkan melalui Islam.

From Spain Arabic philosophic literature was translated into Hebrew and Latin , contributing to the development of modern European philosophy. Dari Spanyol filosofis literatur Arab diterjemahkan ke dalam bahasa Ibrani dan Latin , kontribusi terhadap perkembangan filsafat Eropa modern.

Beberapa perbedaan antara Kalam dan filsafat

Aristotle attempted to demonstrate the unity of God; but from the view which he maintained, that matter was eternal, it followed that God could not be the Creator of the world. Aristoteles mencoba untuk menunjukkan kesatuan Allah, tetapi dari pandangan yang dipertahankan, hal itu adalah abadi, itu diikuti bahwa Allah tidak bisa menjadi Pencipta dunia. According to Aristotelianism, the human soul is simply man's substantial form , the set of properties that make matter into a living human body. This seems to imply that the human soul cannot exist apart from the body. Menurut Aristotelianisme, manusia jiwa manusia hanyalah bentuk substansial , set properti yang membuat materi menjadi tubuh manusia yang hidup. Hal ini tampaknya menyiratkan bahwa jiwa manusia tidak dapat ada terpisah dari tubuh. Indeed, Aristotle writes, "It is clear that the soul, or at least some parts of it (if it is divisible), cannot be separated from the body. And thus, those have the right idea who think that the soul does not exist without the body." In Aristotelianism, at least one psychological force, the active intellect , can exist apart from the body. However, according to many interpretations, the active intellect is a superhuman entity emanating from God and enlightening the human mind, not a part of any individual human soul. Thus, Aristotle's theories seem to deny the immortality of the individual human soul. Memang, Aristoteles menulis, "Jelas bahwa jiwa, atau setidaknya beberapa bagian dari itu (jika dibagi), tidak dapat dipisahkan dari tubuh. Dan dengan demikian, mereka memiliki ide yang tepat yang berpikir bahwa jiwa tidak ada tanpa tubuh. " Dalam Aristotelianisme, setidaknya satu kekuatan psikologis, intelek aktif , dapat ada terpisah dari badan. Namun, menurut banyak interpretasi, intelek aktif adalah entitas super berasal dari Allah dan mencerahkan pikiran manusia, bukan merupakan bagian dari setiap jiwa individu manusia. Dengan demikian, Teman-teori Aristoteles tampaknya menyangkal keabadian jiwa manusia individu.

Wherefore the Mutakallamin had, before anything else, to establish a system of philosophy to demonstrate the creation of matter, and they adopted to that end the theory of atoms as enunciated by Democritus. Sebab itu Mutakallamin itu, sebelum hal lain, untuk menetapkan suatu sistem filsafat untuk menunjukkan penciptaan materi, dan mereka diadopsi untuk mengakhiri bahwa teori atom seperti yang diucapkan oleh demokratis. They taught that atoms possess neither quantity nor extension. Mereka mengajarkan bahwa atom memiliki baik kuantitas maupun ekstensi. Originally atoms were created by God, and are created now as occasion seems to require. Awalnya atom diciptakan oleh Allah, dan dibuat sekarang sebagai kesempatan tampaknya membutuhkan. Bodies come into existence or die, through the aggregation or the sunderance of these atoms. Badan datang ke dalam keberadaan atau mati, melalui agregasi atau sunderance dari atom-atom. But this theory did not remove the objections of philosophy to a creation of matter. Tetapi teori ini tidak menghapus keberatan filsafat penciptaan materi.

For, indeed, if it be supposed that God commenced His work at a certain definite time by His "will," and for a certain definite object, it must be admitted that He was imperfect before accomplishing His will, or before attaining His object. Sebab, memang, jika dianggap bahwa Allah memulai pekerjaan-Nya pada waktu tertentu tertentu dengan-Nya "akan," dan untuk objek tertentu tertentu, harus diakui bahwa Ia tidak sempurna sebelum mencapai kehendak-Nya, atau sebelum mencapai obyek-Nya. In order to obviate this difficulty, the Motekallamin extended their theory of the atoms to Time , and claimed that just as Space is constituted of atoms and vacuum, Time, likewise, is constituted of small indivisible moments. Untuk menghindarkan kesulitan ini, Motekallamin diperpanjang teori mereka dari atom untuk Time , dan mengklaim bahwa sama seperti Space didasari dari atom dan vakum, Waktu, juga, adalah merupakan saat-saat terpisahkan kecil. The creation of the world once established, it was an easy matter for them to demonstrate the existence of a Creator, and that God is unique, omnipotent , and omniscient . Penciptaan dunia sekali dibentuk, itu adalah hal yang mudah bagi mereka untuk menunjukkan keberadaan Pencipta, dan bahwa Tuhan adalah unik, mahakuasa , dan mahatahu .

Utama protagonis filsafat dan kritik mereka

The twelfth century saw the apotheosis of pure philosophy and the decline of the Kalam, which latter, being attacked by both the philosophers and the orthodox, perished for lack of champions. Abad kedua belas melihat pendewaan filsafat murni dan penurunan dari Kalam, yang terakhir, yang diserang oleh para filsuf dan kaum ortodoks, binasa karena tidak juara. This supreme exaltation of philosophy may be attributed, in great measure, to Al- Ghazali (1005–1111) among the Persians, and to Judah ha-Levi (1140) among the Jews. Ini pengagungan tertinggi filsafat mungkin disebabkan, dalam ukuran besar, Al- Ghazali (1005-1111) di antara Persia, dan Yehuda ha-Levi (1140) di antara orang Yahudi. It can be argued that the attacks directed against the philosophers by Ghazali in his work, "Tahafut al-Falasifa" (The Incoherence of the Philosophers), not only produced, by reaction, a current favorable to philosophy, [ citation needed ] but induced the philosophers themselves to profit by his criticism. [ citation needed ] They thereafter made their theories clearer and their logic closer. Dapat dikatakan bahwa serangan diarahkan terhadap para filsuf oleh Ghazali dalam karyanya, "Tahafut al-filsuf" (The Ketaklurusan dari Filsuf), tidak hanya diproduksi, oleh reaksi, arus menguntungkan filsafat, [ rujukan? ] tetapi disebabkan para filsuf sendiri untuk mendapatkan keuntungan dengan kritiknya. [ rujukan? ] Mereka kemudian membuat teori-teori mereka lebih jelas dan logika mereka lebih dekat. The influence of this reaction brought forth the two greatest philosophers that the Islamic Peripatetic school ever produced, namely, Ibn Bajjah (Avempace) and Ibn Rushd (Averroës) . Pengaruh reaksi ini melahirkan dua filsuf terbesar yang sekolah Peripatetik Islam yang pernah dihasilkan, yakni, Ibnu Bajjah (Avempace) dan Ibn Rusyd (Averroes) .

Since no idea and no literary or philosophical movement ever germinated on Persian or Arabian soil without leaving its impress on the Jews, the Persian Ghazali found an imitator in the person of Judah ha-Levi. Karena tidak tahu dan tidak ada atau filosofis gerakan sastra yang pernah tumbuh pada tanah Persia atau Arab tanpa meninggalkan yang terkesan pada orang Yahudi, Persia Ghazali menemukan peniru dalam pribadi Yehuda ha-Levi. This poet also took upon himself to free his religion from what he saw as the shackles of speculative philosophy, and to this end wrote the "Kuzari," in which he sought to discredit all schools of philosophy alike. penyair ini juga mengambil pada dirinya sendiri untuk membebaskan agama dari apa yang dia lihat sebagai belenggu filsafat spekulatif, dan untuk tujuan ini menulis "Kuzari," di mana ia berusaha untuk mendiskreditkan semua sekolah filsafat sama. He passes severe censure upon the Mutakallamin for seeking to support religion by philosophy. Ia melewati mengecam parah pada Mutakallamin untuk mencari untuk mendukung agama dengan filsafat. He says, "I consider him to have attained the highest degree of perfection who is convinced of religious truths without having scrutinized them and reasoned over them" ("Kuzari," v.). Dia mengatakan, "Saya menganggap dia telah mencapai derajat tertinggi kesempurnaan yang yakin kebenaran agama tanpa harus diteliti mereka dan beralasan atas mereka" ("Kuzari," v.). Then he reduced the chief propositions of the Mutakallamin, to prove the unity of God, to ten in number, describing them at length, and concluding in these terms: "Does the Kalam give us more information concerning God and His attributes than the prophet did?" Kemudian ia mengurangi proposisi kepala Mutakallamin, untuk membuktikan kesatuan Allah, sampai sepuluh dalam jumlah, menggambarkan mereka di panjang, dan menyimpulkan dalam istilah-istilah: "Apakah Kalam memberikan informasi lebih lanjut mengenai Tuhan dan sifat-sifat-Nya dari nabi itu ? " (Ib. iii. and iv.) Aristotelianism finds no favor in Judah ha-Levi 's eyes, for it is no less given to details and criticism; Neoplatonism alone suited him somewhat, owing to its appeal to his poetic temperament. (. Dan Ib. iv. Iii) Aristotelianisme tidak menemukan kasih karunia di Yehuda ha-Levi mata ', untuk itu tidak kurang diberikan kepada rincian dan kritik; Neoplatonisme sendiri cocok dia agak, karena daya tariknya pada temperamen puitisnya.

Ibn Rushd or Ibn Roshd (Averroës) , the contemporary of Maimonides , was one of the last of the Islamic Peripatetics. Ibnu Rusyd atau Ibnu Roshd (Averroes) , yang kontemporer Maimonides , adalah salah satu terakhir dari Peripatetics Islam. The theories of Ibn Rushd do not differ fundamentally from those of Ibn Bajjah and Ibn Tufail , who only follow the teachings of Ibn Sina (Avicenna) and Al-Farabi . Teori Ibn Rusyd tidak berbeda secara mendasar dari orang-orang dari Ibnu Bajjah dan Ibnu Tufail , yang hanya mengikuti ajaran Ibnu Sina (Avicenna) dan Al-Farabi . Like all Islamic Peripatetics, Ibn Rushd admits the hypothesis of the intelligence of the spheres and the hypothesis of universal emanation, through which motion is communicated from place to place to all parts of the universe as far as the supreme world—hypotheses which, in the mind of the Arabic philosophers, did away with the dualism involved in Aristotle's doctrine of pure energy and eternal matter. Seperti semua Peripatetics Islam, Ibnu Rusyd mengakui hipotesis kecerdasan bola dan hipotesis emanasi universal, di mana gerakan dikomunikasikan dari satu tempat ke tempat ke seluruh bagian alam semesta sejauh dunia-hipotesis yang tertinggi, dalam pikiran para filsuf Arab, menghapuskan dengan dualisme yang terlibat dalam doktrin Aristoteles tentang energi murni dan materi kekal.

But while Al-Farabi , Ibn Sina (Avicenna) , and other Persian and Muslim philosophers hurried, so to speak, over subjects that trenched on traditional beliefs, Ibn Rushd delighted in dwelling upon them with full particularity and stress. Tetapi sementara Al-Farabi , Ibn Sina (Avicenna) , dan Persia lainnya dan filosof muslim bergegas, sehingga untuk berbicara, lebih dari mata pelajaran yang trenched pada kepercayaan tradisional, Ibnu Rusyd senang di hunian pada mereka dengan kekhususan penuh dan stres. Thus he says, "Not only is matter eternal, but form is potentially inherent in matter; otherwise, it were a creation ex nihilo " (Munk, "Mélanges," p. 444). Dengan demikian ia mengatakan, "Tidak hanya merupakan hal yang kekal, tetapi bentuk berpotensi melekat dalam masalah, jika tidak, itu adalah penciptaan ex nihilo" (Munk, "Mélanges," hal 444). According to this theory, therefore, the existence of this world is not only a possibility, as Ibn Sina (Avicenna) declared, but also a necessity. Menurut teori ini, oleh karena itu, keberadaan dunia ini tidak hanya kemungkinan, seperti Ibnu Sina (Avicenna) menyatakan, tetapi juga sebuah kebutuhan.

Islamic philosophy found an audience with the Jews, to whom belongs the honor of having transmitted it to the Christian world. filsafat Islam menemukan penonton dengan orang Yahudi, kepada siapa milik kehormatan memiliki ditransmisikan ke dunia Kristen. A series of eminent men—such as the Ibn Tibbons , Narboni , Gersonides —joined in translating the Arabic philosophical works into Hebrew and commenting upon them. Serangkaian terkemuka laki-laki-seperti Ibnu Tibbons , Narboni , Gersonides -bergabung dalam menerjemahkan karya filsafat Arab ke dalam bahasa Ibrani dan memberi komentar atas mereka. The works of Ibn Rushd especially became the subject of their study, due in great measure to Maimonides, who, in a letter addressed to his pupil Joseph ben Judah , spoke in the highest terms of Ibn Rushd's commentary. Karya-karya Ibnu Rusyd terutama menjadi subjek penelitian mereka, karena dalam ukuran besar untuk Maimonides, yang, dalam sebuah surat yang ditujukan kepada-Nya murid Joseph ben Yehuda , berbicara dalam istilah tertinggi komentar Ibn Rusyd.

It should be mentioned that this depiction of intellectual tradition in Islamic Lands is mainly dependent upon what West could understand and received (or was willing to understand) from this long era. Perlu disebutkan bahwa penggambaran tradisi intelektual dalam Islam Tanah ini terutama bergantung pada apa yang Barat bisa memahami dan menerima (atau bersedia untuk memahami) dari era lama. In contrast, there are some historians and philosophers who do not agree with this account and describe this era in a completely different way. Sebaliknya, ada beberapa sejarawan dan filsuf yang tidak setuju dengan account ini dan menggambarkan era ini dengan cara yang sama sekali berbeda. Their main point of dispute is on the influence of different philosophers on Islamic Philosophy, especially the comparative importance of eastern intellectuals such as Ibn Sina (Avicenna) and of western thinkers such as Ibn Rushd. titik utama mereka dari sengketa adalah tentang pengaruh filsuf berbeda pada Filsafat Islam, terutama pentingnya perbandingan intelektual timur seperti Ibn Sina (Avicenna) dan pemikir barat seperti Ibn Rusyd. (For more discussion, refer to the History of Islamic Philosophy by Henry Corbin .) (Untuk diskusi lebih lanjut, lihat Sejarah Filsafat Islam oleh Henry Corbin .)

filsafat Yahudi
Main article: Judeo-Islamic philosophies (800 - 1400) Artikel utama: -Islam filsafat Yahudi (800 - 1400)

The oldest Jewish religio-philosophical work preserved in Arabic is that of Saadia Gaon (892-942), Emunot ve-Deot , "The Book of Beliefs and Opinions". Filosofis bekerja Yahudi religio-tertua diawetkan dalam bahasa Arab adalah bahwa Saadia Gaon (892-942), Emunot ve-Deot , "Kitab Keyakinan dan Opini". In this work Saadia treats the questions that interested the Mutakallamin, such as the creation of matter, the unity of God, the divine attributes, the soul, etc. Saadia criticizes other philosophers severely. Dalam karya ini Saadia memperlakukan pertanyaan-pertanyaan yang tertarik dengan Mutakallamin, seperti pembuatan materi, kesatuan Allah, ilahi atribut, jiwa, dll Saadia mengkritik filsuf lain parah. For Saadia there was no problem as to creation: God created the world ex nihilo , just as the Bible attests; and he contests the theory of the Mutakallamin in reference to atoms, which theory, he declares, is just as contrary to reason and religion as the theory of the philosophers professing the eternity of matter. Untuk Saadia tidak ada masalah untuk ciptaan: Allah menciptakan dunia ex nihilo , sama seperti Alkitab menegaskan, dan ia kontes teori Mutakallamin merujuk pada atom, yang teori, ia menyatakan, hanya karena bertentangan dengan akal dan agama sebagai teori para filsuf mengaku keabadian materi.

To prove the unity of God, Saadia uses the demonstrations of the Mutakallamin. Untuk membuktikan kesatuan Allah, Saadia menggunakan demonstrasi dari Mutakallamin. Only the attributes of essence ( sifat al-dhatia ) can be ascribed to God, but not the attributes of action ( sifat-al-fi'aliya ). Hanya atribut esensi (Sifat al-dhatia) dapat dianggap berasal dari Tuhan, tetapi bukan atribut dari aksi (Sifat-al-fi'aliya). The soul is a substance more delicate even than that of the celestial spheres . Jiwa adalah substansi yang lebih halus bahkan dibandingkan dengan bola langit . Here Saadia controverts the Mutakallamin, who considered the soul an "accident" ' arad (compare Guide for the Perplexed i. 74), and employs the following one of their premises to justify his position: "Only a substance can be the substratum of an accident" (that is, of a non-essential property of things). Berikut Saadia controverts yang Mutakallamin, yang menganggap jiwa "kecelakaan" 'arad (bandingkan Panduan untuk Bingung i. 74), dan mempekerjakan salah satu berikut tempat mereka untuk membenarkan posisinya: "Hanya zat yang dapat menjadi dasar dari kecelakaan "(yaitu, dari properti non-esensial hal). Saadia argues: "If the soul be an accident only, it can itself have no such accidents as wisdom, joy, love," etc. Saadia was thus in every way a supporter of the Kalam; and if at times he deviated from its doctrines, it was owing to his religious views. Saadia berpendapat: "Jika jiwa menjadi hanya kecelakaan, dapat sendiri tidak kecelakaan seperti kebijaksanaan, sukacita, cinta," itu dll Saadia sehingga dalam segala hal pendukung dari Kalam, dan jika di kali ia menyimpang dari doktrin-doktrin , itu karena pandangan agamanya.

Islam filsafat Kemudian

The death of Ibn Rushd (Averroës) effectively marks the end of a particular discipline of Islamic philosophy usually called the Peripatetic Arabic School , and philosophical activity declined significantly in western Islamic countries, namely in Islamic Spain and North Africa , though it persisted for much longer in the Eastern countries, in particular Iran and India . Kematian Ibnu Rusyd (Averroes) secara efektif menandai akhir dari disiplin tertentu filsafat Islam biasanya disebut Sekolah Arab Peripatetik , dan aktivitas filosofis menurun secara signifikan di negara-negara Islam barat, yaitu di Islam Spanyol dan Afrika Utara , meskipun bertahan lebih lama di negara-negara Timur, khususnya Iran dan India . Contrary to the traditional view, Dimitri Gutas and the Stanford Encyclopedia of Philosophy consider the period between the 11th and 14th centuries to be the true " Golden Age " of Arabic and Islamic philosophy, initiated by Al-Ghazali 's successful integration of logic into the Madrasah curriculum and the subsequent rise of Avicennism . [ 6 ] Berlawanan dengan pandangan tradisional, Dimitri Gutas dan Stanford Encyclopedia of Philosophy mempertimbangkan periode antara abad 11 dan 14 untuk menjadi benar " Golden Age "dari Arab dan filsafat Islam, yang diprakarsai oleh Al-Ghazali 's keberhasilan integrasi logika ke madrasah kurikulum dan kebangkitan berikutnya Avicennism .

Since the political power shift in Western Europe ( Spain and Portugal ) from Muslim to Christian control, the Muslims naturally did not practice philosophy in Western Europe. Karena pergeseran kekuasaan politik di Eropa Barat ( Spanyol dan Portugal ) dari Muslim untuk mengendalikan Kristen, kaum Muslim tentu tidak berlatih filsafat di Eropa Barat. This also led to some loss of contact between the 'west' and the 'east' of the Islamic world. Hal ini juga menyebabkan beberapa hilangnya kontak antara 'barat' dan 'timur' dunia Islam. Muslims in the 'east' continued to do philosophy, as is evident from the works of Ottoman scholars and especially those living in Muslim kingdoms within the territories of present day Iran and India, such as Shah Waliullah and Ahmad Sirhindi . Muslim di 'timur' terus berfilsafat, seperti yang terlihat dari karya Ottoman ulama dan khususnya mereka yang tinggal di kerajaan Islam di dalam wilayah Iran sekarang dan India, seperti Shah Waliullah dan Ahmad Sirhindi . This fact has escaped most pre-modern historians of Islamic (or Arabic) philosophy. Fakta ini telah lolos paling sejarawan pra-modern Islam (atau Arab) filsafat. In addition, logic has continued to be taught in religious seminaries up to modern times. Selain itu, logika terus diajarkan di seminari agama hingga zaman modern.

After Ibn Rushd, there arose many later schools of Islamic Philosophy. Setelah Ibn Rusyd, ada banyak kemudian muncul sekolah Islam Filsafat. We can mention just a few, such as the those founded by Ibn Arabi and Mulla Sadra . Kita bisa menyebutkan hanya beberapa, seperti yang didirikan oleh Ibnu Arabi dan Mulla Sadra . These new schools are of particular importance, as they are still active in the Islamic world. Sekolah-sekolah baru ini sangat penting, karena mereka masih aktif di dunia Islam. The most important among them are: Yang paling penting di antara mereka adalah:

·        School of Illumination ( Hikmat al-Ishraq ) Sekolah Pencahayaan (Hikmat al-Ishraq)
·        Transcendent Theosophy ( Hikmat Muta'aliah ) Transenden Teosofi (Muta'aliah Hikmat)
·        Sufi philosophy Filsafat sufi
·        Traditionalist School Tradisionalis Sekolah

sekolah Illuminationist
Main article: Illuminationist philosophy Artikel utama: filsafat Illuminationist

Illuminationist philosophy was a school of Islamic philosophy founded by Shahab al-Din Suhrawardi in the 12th century. filsafat Illuminationist adalah sebuah sekolah filsafat Islam yang didirikan oleh Shahab al-Din Suhrawardi di abad ke-12. This school is a combination of Avicenna 's philosophy and ancient Iranian philosophy , with many new innovative ideas of Suhrawardi. Sekolah ini merupakan kombinasi dari Ibnu Sina filosofi 'dan kuno filsafat Iran , dengan banyak gagasan inovatif baru Suhrawardi. It is often described as having been influenced by Neoplatonism . Hal ini sering digambarkan sebagai telah dipengaruhi oleh Neoplatonisme .

In logic in Islamic philosophy , systematic refutations of Greek logic were written by the Illuminationist school , founded by Shahab al-Din Suhrawardi (1155-1191), who developed the idea of "decisive necessity ", an important innovation in the history of logical philosophical speculation. Dalam logika dalam filsafat Islam , refutations sistematis logika Yunani ditulis oleh sekolah Illuminationist , didirikan oleh Shahab al-Din Suhrawardi (1155-1191), yang mengembangkan gagasan "menentukan kebutuhan ", sebuah inovasi penting dalam sejarah logis filosofis spekulasi.

sekolah Transenden
Main article: Transcendent theosophy Artikel utama: teosofi Transenden

Transcendent Theosophy is the school of Islamic philosophy founded by Mulla Sadra in the 17th century. Teosofi transenden merupakan sekolah filsafat Islam yang didirikan oleh Mulla Sadra di abad ke-17. His philosophy and ontology is considered to be just as important to Islamic philosophy as Martin Heidegger 's philosophy later was to Western philosophy in the 20th century. filsafat Nya dan ontologi dianggap sama pentingnya untuk filsafat Islam sebagai Martin Heidegger filosofi 'nanti adalah untuk filsafat Barat pada abad ke-20. Mulla Sadra bought "a new philosophical insight in dealing with the nature of reality " and created "a major transition from essentialism to existentialism " in Islamic philosophy, several centuries before this occurred in Western philosophy. Mulla Sadra membeli "sebuah wawasan filosofis baru dalam berurusan dengan sifat realitas "dan menciptakan" sebuah transisi besar dari esensialisme untuk eksistensialisme "dalam filsafat Islam, beberapa abad sebelum ini terjadi dalam filsafat Barat.

The idea of "essence precedes existence" is a concept which dates back to Ibn Sina (Avicenna) and his school of Avicennism as well as Shahab al-Din Suhrawardi and his Illuminationist philosophy . Gagasan tentang "eksistensi mendahului esensi" adalah sebuah konsep yang tanggal kembali ke Ibnu Sina (Avicenna) dan sekolah tentang Avicennism serta Shahab al-Din Suhrawardi dan dia filsafat Illuminationist . The opposite idea of " Existence precedes essence " was thus developed in the works of Averroes and Mulla Sadra as a reaction to this idea and is a key foundational concept of existentialism . Ide kebalikan dari " Eksistensi mendahului esensi "demikian dikembangkan dalam karya-karya Averroes dan Mulla Sadra sebagai reaksi terhadap gagasan ini dan merupakan konsep kunci dasar eksistensialisme .

For Mulla Sadra, "existence precedes the essence and is thus principle since something has to exist first and then have an essence." Untuk Mulla Sadra, "eksistensi mendahului esensi dan prinsip demikian karena sesuatu harus ada terlebih dahulu dan kemudian memiliki sebuah esensi." This is primarily the argument that lies at the heart of Mulla Sadra's Transcendent Theosophy . Hal ini terutama argumen yang terletak di jantung Mulla Sadra's Teosofi Transenden . Sayyid Jalal Ashtiyani later summarized Mulla Sadra's concept as follows: Sayyid Jalal Ashtiyani kemudian diringkas Mulla Sadra's konsep sebagai berikut:

    "The existent being that has an essence must then be caused and existence that is pure existence ... is therefore a Necessary Being." "Yang ada adalah bahwa memiliki suatu esensi kemudian harus disebabkan dan eksistensi yaitu adanya murni ... Oleh karena itu diperlukan Menjadi."

More careful approaches are needed in terms of thinking about philosophers (and theologians) in Islam in terms of phenomenological methods of investigation in ontology (or onto-theology), or by way of comparisons that are made with Heidegger 's thought and his critique of the history of metaphysics. Pendekatan yang lebih hati-hati diperlukan dalam hal berpikir tentang filsuf (dan teolog) dalam Islam dalam hal fenomenologis metode investigasi dalam ontologi (atau ke-teologi), atau dengan cara perbandingan yang dibuat dengan Heidegger 's pemikiran dan kritiknya tentang sejarah metafisika.

Logika
Main article: Logic in Islamic philosophy Artikel utama: Logika dalam filsafat Islam

Al-Ghazali 's successful integration of logic into the Madrasah curriculum in the 11th century led to increased activity in logic, mainly focusing on Avicennian logic . Al-Ghazali 's keberhasilan integrasi logika ke dalam Madrasah kurikulum di abad ke-11 menyebabkan peningkatan aktivitas dalam logika, terutama berfokus pada logika Avicennian .

Ibn Hazm (994-1064) wrote the Scope of Logic , in which he stressed on the importance of sense perception as a source of knowledge. Al-Ghazali (Algazel) (1058–1111) had an important influence on the use of logic in theology, making use of Avicennian logic in Kalam . Despite the logical sophistication of al-Ghazali , the rise of the Ash'ari school in the from the 12th century slowly suffocated original work on logic in much of the Islamic world, though logic continued to be studied in some Islamic regions such as Persia and the Levant . Ibnu Hazm (994-1064) menulis Lingkup Logic, di mana ia menekankan pada pentingnya arti persepsi sebagai sumber pengetahuan. Al-Ghazali (Algazel) (1058-1111) memiliki pengaruh penting pada penggunaan logika dalam teologi, memanfaatkan logika Avicennian di Kalam . Meskipun kecanggihan logis dari al-Ghazali , munculnya Asy'ari sekolah dalam dari abad ke-12 perlahan-lahan tercekik karya asli pada logika di banyak Islam dunia, meskipun logika terus dipelajari di beberapa daerah Islam seperti Persia dan Levant .

Fakhr al-Din al-Razi (b. 1149) criticised Aristotle's " first figure " and developed a form of inductive logic , foreshadowing the system of inductive logic developed by John Stuart Mill (1806–1873). Fakhr al-Din al-Razi (b. 1149) mengkritik's "Aristoteles gambar pertama "dan mengembangkan bentuk logika induktif , bayangan sistem logika induktif yang dikembangkan oleh John Stuart Mill (1806-1873). Systematic refutations of Greek logic were written by the Illuminationist school , founded by Shahab al-Din Suhrawardi (1155–1191), who developed the idea of "decisive necessity ", an important innovation in the history of logical philosophical speculation. Another systematic refutation of Greek logic was written by Ibn Taymiyyah (1263–1328), the Ar-Radd 'ala al-Mantiqiyyin ( Refutation of Greek Logicians ), where he argued against the usefulness, though not the validity, of the syllogism and in favour of inductive reasoning . refutations sistematis logika Yunani ditulis oleh sekolah Illuminationist , didirikan oleh Shahab al-Din Suhrawardi (1155-1191), yang mengembangkan gagasan "menentukan kebutuhan ", sebuah inovasi penting dalam sejarah spekulasi filosofis logis. lain bantahan sistematis logika Yunani ditulis oleh Ibnu Taimiyah (1263-1328),-Radd 'ala al Ar-Mantiqiyyin (bantahan terhadap ahli logika Yunani), di mana ia menentang kegunaan tersebut, meskipun tidak validitas, dari silogisme dan mendukung penalaran induktif .

Filsafat sejarah
Main article: Early Muslim sociology Artikel utama: Muslim awal sosiologi

The first detailed studies on the subject of historiography and the first critiques on historical methods appeared in the works of the Arab Ash'ari polymath Ibn Khaldun (1332–1406), who is regarded as the father of historiography , cultural history , and the philosophy of history , especially for his historiographical writings in the Muqaddimah ( Latinized as Prolegomena ) and Kitab al-Ibar ( Book of Advice ). His Muqaddimah also laid the groundwork for the observation of the role of state , communication , propaganda and systematic bias in history, and he discussed the rise and fall of civilizations . Studi-studi detail pertama tentang masalah historiografi dan kritik pertama pada metode sejarah muncul dalam karya-karya Arab Asy'ari polymath Ibnu Khaldun (1332-1406), yang dianggap sebagai bapak historiografi , sejarah budaya , dan filsafat sejarah , terutama untuk tulisan historiografis nya di Muqaddimah ( Latin sebagai Muqaddimah) dan Kitab al-Ibar (Kitab Nasihat). Nya Muqaddimah juga meletakkan dasar bagi pengamatan peran negara , komunikasi , propaganda dan bias sistematis dalam sejarah, dan ia membahas jatuh bangunnya peradaban .

Franz Rosenthal wrote in the History of Muslim Historiography : Franz Rosenthal menulis dalam Sejarah Muslim Historiografi:

    "Muslim historiography has at all times been united by the closest ties with the general development of scholarship in Islam, and the position of historical knowledge in MusIim education has exercised a decisive influence upon the intellectual level of historicai writing....The Muslims achieved a definite advance beyond previous historical writing in the sociological understanding of history and the systematisation of historiography . The development of modern historical writing seems to have gained considerably in speed and substance through the utilization of a Muslim Literature which enabled western historians, from the seventeenth century on, to see a large section of the world through foreign eyes. The Muslim historiography helped indirectly and modestly to shape present day historical thinking. Historiografi Muslim setiap saat telah dipersatukan oleh ikatan terdekat dengan perkembangan umum beasiswa dalam Islam, dan posisi pengetahuan sejarah dalam pendidikan MusIim telah menggunakan pengaruh yang menentukan pada tingkat intelektual penulisan historicai .... Muslim dicapai kemajuan yang pasti di luar penulisan sejarah sebelumnya dalam sosiologis pemahaman tentang sejarah dan sistematisasi historiografi tampaknya. Perkembangan penulisan sejarah modern telah mendapatkan cukup dalam kecepatan dan substansi melalui pemanfaatan suatu Sastra muslim yang memungkinkan sejarawan barat, dari abad ketujuh belas pada, untuk melihat bagian besar dunia melalui mata asing. historiografi Muslim membantu secara tidak langsung dan sederhana untuk membentuk hari ini berpikir sejarah ".

filsafat Sosial
Main article: Early Muslim sociology Artikel utama: Muslim awal sosiologi

The most famous social philosopher was the Ash'ari polymath Ibn Khaldun (1332–1406), who was the last major Islamic philosopher from North Africa . Sosial filsuf paling terkenal adalah Asy'ari polymath Ibnu Khaldun (1332-1406), yang merupakan Islam filsuf besar terakhir dari Afrika Utara . In his Muqaddimah , he developed the earliest theories on social philosophy, in formulating theories of social cohesion and social conflict . Dalam karyanya Muqaddimah , ia mengembangkan teori awal tentang filsafat sosial, dalam merumuskan teori kohesi sosial dan konflik sosial .

His Muqaddimah was also the introduction to a seven volume analysis of universal history . Muqaddimah Nya juga merupakan pengantar analisis volume tujuh sejarah universal . He is considered the "father of sociology ", "father of historiography ", and "father of the philosophy of history ", for being the first to discuss the topics of sociology, historiography and the philosophy of history in detail. Dia dianggap sebagai "bapak sosiologi "," bapak historiografi ", dan" ayah dari filsafat sejarah ", untuk menjadi yang pertama untuk membahas topik sosiologi, historiografi dan filsafat sejarah secara rinci.

Kontemporer filsafat Islam

Tradisi Filsafat Islam masih sangat hidup hari ini meskipun kepercayaan di kalangan Barat banyak yang tradisi ini berhenti setelah usia emas Suhrawardi 's Hikmat al-Ishraq (Illumination Filsafat) atau, paling lambat, Mulla Sadra 's Hikmat- e-Mota'aliye atau Transenden (Maha) Filsafat. Another unavoidable name is Allama Muhammad Iqbal who reshaped and revitalized Islamic philosophy amongst the Muslims of the Indian sub-continent in the early 20th century. Nama lain tidak dapat dihindari adalah Allama Muhammad Iqbal yang mengubah bentuk dan merevitalisasi filsafat Islam di kalangan umat Islam dari benua India di awal abad 20. Beside his Urdu and Persian poetical work, The Reconstruction of Religious Thought in Islam is a milestone in the modern political philosophy of Islam. Selain itu Urdu dan Persia kerja puitis, Rekonstruksi Pemikiran Agama dalam Islam adalah sebuah tonggak dalam filsafat politik modern Islam.

In contemporary Islamic Lands, the teaching of hikmat or hikmah has continued and flourished. Dalam Lands Islam kontemporer, ajaran hikmat atau hikmah terus berlangsung dan berkembang.

Among the traditional masters of Islamic philosophy most active during the past two decades may be mentioned Di antara para empu tradisional filsafat Islam yang paling aktif selama dua dekade terakhir dapat disebutkan

·        Riaz Ahmed Gohar Shahi founder of International Spiritual Movement Anjumaan Serfaroshan-e-Islam and author of many books of on Islam , Spiritualism . Riaz Ahmed Shahi Gohar pendiri International Spiritual Gerakan Anjumaan Serfaroshan-e-Islam dan penulis banyak buku tentang Islam , Spiritualisme . Particularly his book " The Religion of God " is one of the best of his piece of work, in this book he has given a philosophy of Divine Love of God and how it can be developed or attained. Terutama bukunya "The Religion of Allah" adalah salah satu yang terbaik dari bagian kerjanya, dalam buku ini ia telah memberikan filosofi Cinta Ilahi Allah dan bagaimana hal itu dapat dikembangkan atau tercapai. Gohar Shahi was in favor of divine love and considers it most important for an approach to God and no discrimination of caste, creed, nation or religion is accepted for Divine Love of God as every human has been gifted with an ability to develop spiritual power to approach to the essence of God. Gohar Shahi yang mengabulkan gugatan cinta ilahi dan menganggap paling penting bagi pendekatan kepada Allah dan tidak ada diskriminasi kasta, keyakinan, bangsa atau agama yang diterima untuk Cinta Ilahi Allah sebagai setiap manusia telah dikaruniai kemampuan untuk mengembangkan kekuatan spiritualnya pendekatan terhadap esensi Tuhan. According to his view this will not just provide a platform for all religions but it will remove the differences between religions as well. Menurut pandangannya ini tidak akan hanya menyediakan platform untuk semua agama tetapi akan menghapus perbedaan antara agama juga.
·        Ayatullah Ruhollah Khomeini , founder of the Islamic Rebublic of Iran, was a famous teacher of the philosophical school of Hikmat-ul-Mutaliya. Ayatullah Ruhollah Khomeini , pendiri Rebublic Islam Iran, adalah seorang guru yang terkenal dari sekolah filosofis Hikmat-ul-Mutaliya. Before the victory of the Islamic Revolution, he was one of the few who formally taught philosophy at the Religious Seminary at Qum. Sebelum kemenangan Revolusi Islam, dia adalah salah satu dari sedikit orang yang secara resmi mengajar filsafat di Seminari Agama di Qum.
·        the Iranian علامه طباطبائى or Allameh Tabatabaei , the author of numerous works including the twenty seven-volume Quranic commentary al-Mizan (الميزان), yang علامه Iran طباطبائى atau Allameh Tabatabaei , penulis berbagai karya termasuk volume-Quran komentar tujuh puluh al-Mizan (الميزان),
·        Murtaza Motahhari , the best student of Allamah Tabatabai, a martyr of the Iran Islamic Revolution; and author of numerous books (an incomplete compilation of his works consists of 25 volumes). Murtaza Muthahhari , mahasiswa terbaik Allamah Tabatabai, seorang martir dari Revolusi Islam Iran, dan penulis banyak buku (kompilasi yang lengkap dari karya-karyanya terdiri dari 25 jilid). He, like his teachers Allama Tabatabai and Ayatullah Khomeini, belong to the philosophical schools of Hikmat-ul-Mutaliya Dia, seperti guru-gurunya Allamah Tabatabai dan Ayatullah Khomeini, termasuk sekolah-sekolah filosofis Hikmat-ul-Mutaliya
·        Sayyid Abul Ala Maududi , who is credited with creating modern Islamist political thought in the 20th century, was the founder of "Jamaat e Islami" and spent his life in attempting to revive the Islamic Intellectual Tradition. Sayyid Abul Ala Maududi , yang dikreditkan dengan menciptakan modern Islamis pemikiran politik di abad 20, adalah pendiri dari "Jamaat e Islami" dan menghabiskan hidupnya dalam usaha untuk menghidupkan kembali tradisi intelektual Islam.
·        Muhammad Hamidullah (February 9, 1908 - December 17, 2002) belonged to a family of scholars, jurists , writers and sufis . Muhammad Hamidullah (9 Feb 1908 - 17 Desember 2002) milik keluarga sarjana, ahli hukum , penulis dan sufi . He was a world-renowned scholar of Islam and International Law from India , who was known for contributions to the research of the history of Hadith , translations of the Qur'an , the advancement of Islamic learning , and to the dissemination of Islamic teachings in the Western world . Dia adalah seorang yang terkenal di dunia sarjana dari Islam dan Hukum Internasional dari India , yang terkenal karena kontribusi untuk penelitian tentang sejarah Hadis , terjemahan Al Qur'an , kemajuan belajar Islam , dan penyebaran ajaran Islam di di dunia Barat .
·        Fazlur Rahman was professor of Islamic thought at the University of Chicago , and an expert in Islamic philosophy. Fazlur Rahman adalah profesor pemikiran Islam di Universitas Chicago , dan ahli dalam filsafat Islam.

·        Seyyed Hossein Nasr . Sayyed Hossein Nasr .
·        Imran Nazar Hosein .- Author of Jerusalem in the Quran Imran Nazar Hosein Penulis .- Yerusalem dalam Al-Quran
·        Javed Ahmad Ghamidi is a well-known Pakistani Islamic scholar , exegete , and educator . Javed Ahmad Ghamidi adalah terkenal Pakistan sarjana Islam , penafsir , dan pendidik . A former member of the Jamaat-e-Islami , who extended the work of his tutor, Amin Ahsan Islahi . Seorang mantan anggota Jamaat-e-Islami , yang memperluas karya gurunya, Amin Ahsan Islahi .
·        In Malaysia , Syed Muhammad Naquib al-Attas is a prominent metaphysical thinker.; Di Malaysia , Syed Muhammad Naquib al-Attas adalah seorang pemikir metafisik menonjol.;
·        In Southern/South East Europe the teachings of the skeptic Al-Ibn Theodorakis have found considerable favour. Di Selatan Tenggara / Eropa ajaran Theodorakis Al-Ibn skeptis telah mendapat kasih karunia yang cukup.

Kritik

Philosophy as such has not been without criticism amongst Muslims, both contemporary and past. Filsafat seperti itu belum pernah tanpa kritik kalangan Muslim, baik kontemporer dan masa lalu. The imam Hanbali , for whom the Hanbali school of thought is named, rebuked philosophical discussion, once telling proponents of it that he was secure in his religion, but that they were "in doubt, so go to a doubter and argue with him (instead)." Today, Islamic philosophical thought has also been criticized by scholars of the modern Salafi movement. Imam Hambali , untuk siapa Hanbali aliran pemikiran bernama, menegur diskusi filosofis, sekali mengatakan para pendukung itu bahwa ia aman dalam agamanya, tapi bahwa mereka "ragu-ragu, jadi pergi ke ragu dan berdebat dengan dia (bukan ) ". Hari ini, pemikiran filsafat Islam juga telah dikritik oleh para ahli modern Salafi gerakan.

There would be many Islamic thinkers who were not as enthusiastic about its potential. Akan ada banyak pemikir Islam yang tidak antusias potensinya. But it would be incorrect to assume that they opposed philosophy simply because it was a "foreign science". Oliver Leaman , an expert on Islamic philosophy, points out that the objections of notable theologians are rarely directed at philosophy itself, but rather at the conclusions the philosophers arrived at. Tapi akan tidak benar untuk menganggap bahwa mereka menentang filsafat hanya karena itu "ilmu asing". Oliver Leaman , seorang pakar filsafat Islam, menunjukkan bahwa keberatan para teolog terkenal jarang diarahkan pada filsafat itu sendiri, melainkan pada kesimpulan para filsuf tiba di. Even al-Ghazali , who is famous for his critique of the philosophers, was himself an expert in philosophy and logic . Bahkan al-Ghazali , yang terkenal dengan kritiknya para filsuf, adalah dirinya sendiri seorang ahli dalam filsafat dan logika . And his criticism was that they arrived at theologically erroneous conclusions. Dan kritiknya adalah bahwa mereka tiba pada kesimpulan teologis yang keliru. The three most serious of these, in his view, were believing in the co-eternity of the universe with God, denying the bodily resurrection, and asserting that God only has knowledge of abstract universals, not of particular things (but it should be noted that not all philosophers subscribed to these same views). Tiga yang paling serius ini, dalam pandangannya, adalah percaya kepada keabadian-co alam semesta dengan Allah, menyangkal kebangkitan tubuh, dan menyatakan bahwa Tuhan hanya memiliki pengetahuan tentang universal abstrak, bukan dari hal-hal tertentu (tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua filsuf berlangganan pandangan yang sama).

In recent studies by Muslim contemporary thinkers that aim at 'renewing the impetus of philosophical thinking in Islam', Nader El-Bizri offers a critical analysis of the conventions of methodology and historiography that dominate the mainstream academic and epistemic approaches in studying 'Islamic philosophy' from 'archival' standpoints, within Oriental and Mediaevalist Studies, which fail to recognize the fact that 'philosophy in Islam' can still be a living intellectual tradition, and that its renewal requires a radical reform in ontology and epistemology within Islamic thought. Dalam studi baru-baru ini oleh pemikir muslim kontemporer yang bertujuan 'memperbaharui dorongan pemikiran filsafat dalam Islam', Nader El-Bizri menawarkan analisis kritis dari konvensi metodologi dan historiografi yang mendominasi pendekatan akademik dan epistemis mainstream dalam 'belajar Islam' filsafat sudut pandang 'arsip' dari, dalam dan Mediaevalist Studi Oriental, yang gagal mengakui kenyataan 'bahwa' filsafat dalam Islam masih bisa menjadi tradisi intelektual yang hidup, dan bahwa pembaharuan yang membutuhkan reformasi radikal dalam ontologi dan epistemologi dalam pemikiran Islam.

Lihat juga:
  • Filsafat (bagian Filsafat Islam)
    Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia ... Filsafat Islam ”, “Filsafat Budha ”, “Filsafat Hindu ”, ...
    14 KB (1.309 kata) - 16:13, 6 November 2010
  • Filsafat Timur
    dari dunia Timur atau Asia , seperti Filsafat Cina , Filsafat India , Filsafat Jepang , Filsafat Islam , Filsafat Buddhisme , dan sebagainya. ...
    10 KB (1.025 kata) - 14:53, 1 September 2010
  • Musa Asy'arie
    Musa Asy’arie seorang filosuf mempunyai pengalaman hidup yang multi-dimensi, sebagai Guru Besar Filsafat Islam UIN Yogyakarta, sekaligus ...
    15 KB (1.890 kata) - 16:49, 6 September 2010
  • Al-Ghazali (bagian Filsafat)
    Imam Al-Ghazali adalah seorang ulama, ahli pikir, ahli filsafat Islam yang terkemuka yang banyak memberi sumbangan bagi perkembangan ...
    7 KB (827 kata) - 18:26, 4 November 2010
  • IDE
    Ide dalam kajian Filsafat Yunani maupun Filsafat Islam menyangkut suatu gambaran imajinal utuh yang melintas cepat. Misalnya: ide ...
    2 KB (245 kata) - 06:57, 28 September 2010
  • Muhammad Husain Thabathaba'i
    dan filsafat Islam tradisional, termasuk naskah baku asy-Syifa karya Ibnu Sina dan al-Asfar karya Sadr al-Din Syirazi serta Tamhid al- ...
    4 KB (383 kata) - 15:22, 12 November 2010
  • Ibnu Miskawaih
    Pengaruhnya pada filsafat Islam terutama berkaitan dengan isu etik. Lihat pula : Daftar ilmuwan Iran Kategori:Filsuf Iran Kategori:Ilmuwan ...
    661 B (52 kata) - 16:33, 20 September 2010
  • Azab
    yang di hadapi manusia atau makhluk Tuhan lainnya, sebagai akibat dari kesalahan yang pernah atau sedang dilakukan, dalam filsafat Islam . ...
    1 KB (180 kata) - 16:05, 2 Mei 2010
  • Ibnu Bajjah
    Sumbangan utamanya pada filsafat Islam ialah gagasannya pada Fenomenologi Jiwa, namun sayangnya tak lengkap. dan terkenal dari Gnostik Islam. ...
    2 KB (147 kata) - 07:03, 24 September 2010
  • Skeptisisme filosofis
    Dalam filsafat Islam , skeptisisme filosofis dimulai oleh Al-Ghazali. Dikatakan bahwa gagasan Rene Descartes dalam Discourse on the ...
    970 B (85 kata) - 11:12, 27 Juli 2010
  • Mujtahid fil masail
    H. M. Rasyidi berijtihad tentang filsafat Islam.
    444 B (60 kata) - 06:43, 16 April 2010
  • Anis Malik Thoha
    Selulusnya, Anis melanjutkan studinya di Jurusan Studi Islam di ... IIUM di Muktamar Internasional Filsafat Islam ke9 bertema "Manahij al-Ulum ...
    5 KB (692 kata) - 15:37, 10 Februari 2010
  • Saleh P. Daulay
    mata kuliah yang berhubungan dengan Filsafat, seperti Filsafat Budaya, Filsafat Sejarah, Filsafat Ilmu, Filsafat Islam, dan juga Filsafat Umum. ...
    6 KB (870 kata) - 07:47, 15 Mei 2010
  • Pelopor Kajian Filsafat Indonesia
    Sebagai sebuah praktek, Filsafat Indonesia sudah dilakukan nenek-moyang dari suku- ... ditunjukkan oleh penulis buku Filsafat Islam , Persia, ...
    10 KB (1.272 kata) - 09:52, 27 Juli 2010
  • Al-Farabi
    thumb | right | 275px | Al Farabi, seorang Filsuf Islam ... mempertalikan dan sejauh mungkin menyelaraskan filsafat politik Yunani klasik dengan ...
    10 KB (1.120 kata) - 15:01, 22 September 2010
  • Muhammad Iqbal
    name Muhammad Iqbal علامہ محمد اقبال | region Filsafat Islam | era ... Dia mengkritik sebab kemunduran Islam kerena kurang kreatifnya umat ...
    3 KB (218 kata) - 22:00, 3 November 2010
  • Ayatullah
    (Hukum Islam), filsafat, etika, mistik dan biasanya mengajar di sekolah pengetahuan tentang Islam (hauzah ) atau pesantren kalau di Indonesia . ...
    3 KB (240 kata) - 13:43, 11 Juli 2010
  • Druze
    Kelompok ini muncul dari Islam dan dipengaruhi oleh agama-agama dan filsafat-filsafat lain, termasuk filsafat Yunani . "sebuah sekte Islam ...
    19 KB (577 kata) - 03:56, 12 Juni 2010
  • Islam
    Islam (Arab : al-islām, الإسلام ar-al_islam. ... Timbulnya tempat-tempat pembelajaran ilmu-ilmu agama, filsafat, sains, dan tata bahasa Arab di ...
    51 KB (6.473 kata) - 11:56, 11 November 2010
  • Takdir (bagian Takdir dalam agama Islam)
    Takdir dalam agama Islam : Umat Islam memahami takdir sebagai bagian dari tanda kekuasaan Tuhan yang harus ... Kategori:Filsafat Kategori:Islam ...
    13 KB (736 kata) - 08:28, 5 November 2010


No comments:

Post a Comment