Thursday 18 November 2010

Mengenal Komputer


Definisi Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena  luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.

·        Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
·        Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
         1.menerima input
         2.memproses input tadi sesuai dengan programnya
         3.menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
         4.menyediakan output dalam bentuk informasi
·        Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.  

Perangkat keras komputer (Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di [dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
      Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:

1.            Keyboard: Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.


2.            RAM: Tempat penyimpanan data jangka pendek saat computer ON, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC


3.            Buses:
                o Bus PCI
                o Bus ISA
                o USB
                o AGP


4.            ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
 
5.            CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama computer

 6.            Power supply: Sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas


 7.            Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan

8.            VGA: Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display


9.            Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
10.        Media Penyimpanan Luar- Beberapa jenis penyimpanan komputer:
·  CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
                o CD-ROM (Player)
                o CD-RW (Bisa diisi dan dihapus lewat burning)
                o CD-R (Paten)
·  DVD
                o DVD-ROM (Player)
                o DVD-RW (Bisa diisi dan dihapus lewat burning)
                o DVD-R (Paten)
·  Floppy disk (wes gag usum :p)


11.        Media Penyimpanan Dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
·  Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang, ada dua macam hard disk berdasarkan besarnya kapasitas: ATA & SATA
·  Disk array controller
 
12.        Soundcard: Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.


13.        Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
·  Modem - untuk koneksi tekan-tombol.
·  Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.

14.        Alat lainnya.

Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.

·        System Input
-         Keyboard
-         Mouse
-         Joystick
-         Gamepad
-         Scanner gambar
-         Webcam
-         Tablet Grafis
·        System Output
-         Printer
-         Speaker
-         Monitor
·        Jaringan/Networking
-         Modem
-         kartu network

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
1.      Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti Open Office.org.
2.      Sistem operasi (operating system) misalnya XP, Vista, Win 7, Linuk-Ubuntu.
3.      Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
4.    Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
5.      Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
6.      Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
7.      Perangkat lunak gratis (freeware)
8.      Perangkat lunak uji coba / beta version(shareware / 'trialware)
9.      Perangkat lunak perusak / virus (malware; worm, Trojan, spyware, dlsb)


Brainware
Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya


Penggolongan Komputer 
Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya.

Berdasarkan Data Yang Diolah;
1.      Komputer Analog
2.      Komputer Digital
3.      Komputer Hybrid


Berdasarkan Penggunannya;
1.      Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
2.      Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)

Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya;
1.      Komputer Mikro (Micro Computer)
2.      Komputer Mini (Mini Computer)
3.      Komputer Kecil (Small Computer)
4.      Komputer Menengah (Medium Computer)
5.      Komputer Besar (Large Computer)
6.      Komputer Super (Super Computer)

Berdasarkan Generasinya;
1.      Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
2.      Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
3.      Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
4.      Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
5.      Komputer Generasi Kelima

o       V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.
o       Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.
o       William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.

No comments:

Post a Comment