Friday 19 November 2010

tips trik baru burning DVD

Keping DVD 4x menuntut, terutama pada burner lama yang telah di-update firmware-nya, intensitas laser yang lebih tinggi dibandingkan keping DVD 2x (atau 2,4x pada DVD+R). Dengan demikian DVD burner selain harus menyediakan daya untuk memasok intensitas laser yang cukup, juga harus menyediakan daya cadangan agar proses bakar bebas dari kesalahan. Apabila kualitas gambarnya kurang layak, turunkan kecepatan bakar menjadi 2x.

Software - Berikut ini adalah cara membakar DVD melebihi kapasitas standar, mereparasi file image, dan menyelamatkan data.    
Overburning DVD tanpa risiko
Nero 6.6
Beberapa program untuk meng-copy DVD, seperti DVDCopy dari Intervideo dapat keliru mengalkulasi ukuran output sehingga film dari DVD-9 tidak muat pada keping DVD-5. Hal ini tentu akan sangat menjengkelkan, terlebih bila selisihnya hanya 10-20 MB. Namun dengan tool bakar dan keping yang tepat, Anda dapat saja membakar DVD melebihi standar, tanpa risiko gagal.

Pertama, periksalah dengan tool ‘Nero CD-DVD Speed’, apakah burner Anda mampu melakukan overburn. Kelemahan metode ini berisiko mengorbankan sebuah keping DVD. Masukkan keping ke dalam DVD burner dan klik menu “Start | Programs | Nero | Nero Toolkit | Nero CD-DVD Speed”. Selanjutnya pilih “Extra | Overburning test”. Jalankan pengujian  tersebut dengan mengklik ‘Start’ dalam jendela yang tampil. Kini, Nero mencoba  memenuhi keping dan akhirnya memberi laporan, apakah overburning dapat dilakukan dan berapa banyak data dapat dimuat ke dalam keping DVD-5 Anda.
Image
DVD overburn: Tool Nero CD-DVD Speed dapat menguji apakah keping CD atau DVD dapat dibakar melebihi kapasitas standar.
Hasil pengujian cukup bervariasi: Dengan burner LG 4040b, Anda dapat membakar hingga 150 MB data lebih banyak dari standar pada sebuah keping Sony. Sedangkan pada burner Pioneer A07 dapat dibakar 140 MB data lebih banyak pada sebuah keping Intenso. Agar Nero dapat melakukan overburning, jalankan Nero Burning ROM, pilih “File | Preferences | Expert Features”, lalu tandai option ‘Enable DVD overburning’. Pada ‘Maximum DVD size’ masukkan kapasitas maksimum yang dapat dibakar berdasarkan hasil pengujian tadi.
Memanfaatkan CD hingga maksimal
Nero 6.6
Beberapa Megabytes sangat berarti nilainya pada CD. Misalnya pada sebuah film berformat AVI 700 MB ingin Anda tambahkan dengan subtitle asli dari DVD (biasanya 6 MB). Mulai versi 6.6, Nero dapat menulis sebuah lead-out pendek sebagai penutup CD. Dengan demikian, Anda akan mendapat tambahan kapasitas sekitar 12 MB.
Untuk mengaktifkan lead-out pendek tersebut, klik “File | Preferences | Expert Features”. Lalu, tandai option ‘Enabled creating short lead-out’. Feature ini hanya dapat digunakan jika Anda membakar CD data dalam modus ‘Disk-at-Once’
Image
Kapasitas ekstra: Dengan mengaktifkan lead-out pendek Nero dapat membakar lebih banyak data pada CD.
Burner yang dapat membakar CD 90/99 menit seperti LG atau Plextor, harus mengaktifkan option ‘Enabled Disk-at-once CD overburning’ dalam tab ‘Expert Feature’ yang terdapat pada Nero Burning ROM. Dalam ‘Maximum CD size’ masukkan ‘89 min, 30 sec’ untuk keping 90 atau ‘99 min, 54 sec, 74 frm’ untuk keping 99 menit.
sumber:Trik Baru Membakar DVD

No comments:

Post a Comment