Thursday 25 November 2010

Linux

Pengenalan Linux
Linux1  adalah sistem operasi berbasis UNIX yang dapat berjalan di berbagai macam perangkat keras seperti Intel x86, Alpha, bahkan PowerPC. Dikatakan berbasis UNIX karena Linux   dikembangkan   menurut   standar   yang   dimiliki   UNIX   dan   kemampuan   yang   sama dengan UNIX. Artinya Linux memiliki kemampuan baik sebagai server maupun workstation layaknya UNIX.
Pada awalnya Linux hanya berjalan di  platform  Intel  x86 termasuk AMD Cyrix dan lainnya.   Namun   seiring   dengan   berkembangnya   jumlah   pengguna   Linux   dan   para pengembangnya maka sekarang Linux telah berjalan pula pada Macintosh (Motorolla), Sun Sparc, DEC Alpha, Amiga, strongARM dan masih banyak lagi.
Perkembangan   Linux   sangat  didukung   oleh   lisensi   yang   digunakan   oleh   Linux   yaitu GNU2  General Public License (GNU GPL). Secara singkat GNU General Public License memungkinkan suatu aplikasi (termasuk sistem operasi) untuk secara bebas digunakan dan disebarluaskan   dimana   pengguna/penerima   software   berhak   menerima   kode   asal   (source code)3  dari aplikasi tersebut beserta semua hak yang diijinkan oleh penulis asli. Aplikasi tersebut   dapat   dimodifikasi   maupun   digunakan   dalam   aplikasi   lain   dimana   lisensi   dari aplikasi perubahan/baru tetap pada GNU GPL. Penulis asli hanya bertanggungjawab pada kode asli dan tidak bertanggungjawab terhadap implikasi perubahan yang dilakukan pada aplikasi tersebut. Penyebarluasan aplikasi yang telah diubah tetap mencantumkan penulis asli, kode   asli,   kode   perubahan   yang   ditambahkan   dan   penanggungjawab   perubahan   tersebut. Dengan GPL bukan berarti tidak memungkinkan adanya komersial, paling tidak biaya dapat ditarik   dari   biaya   kopi   media   distribusi.   Jasa   layanan   seperti   dukungan   teknis   dapat
merupakan produk komersial. 

Mengapa Menggunakan Linux ?
  • Dengan GNU GPL Linux menawarkan sebuah sistem operasi sekelas UNIX dengan biaya yang relatif murah. Terutama bagi perusahaan dengan kapital kecil Linux memberi angin segar terhadap investasi perangkat lunak yang dibutuhkan. 
  • Linux yang tak berbiaya tinggi ini bukan berarti tanpa menganut asas legalitas. Banyak distribusi Linux yang membolehkan para penggunanya untuk menggandakan tanpa perlu membayar lisensi. Sehingga kita memperoleh produk terbaik dengan tetap menjaga aspek hukum dengan tidak membajaknya. 
  • Dengan fasilitas yang dimiliki Linux, maka Linux merupakan alternatif sistem operasi yang   patut   dilihat   dan   diperhitungkan   selain   sistem   operasi   lainnya   seperti   DOS, Windows95, Windows NT, UNIX, SunOS, atau Macintosh. 
  • Bagi   pengguna   UNIX,   Linux   dapat   menjadi   personal   UNIX   yang   digunakan   sebagai sarana pemrograman termasuk pemrograman database dan XWindow. 
  • Bagi   mahasiswa,   Linux   merupakan   sarana   yang   dapat   digunakan   untuk   mempelajari lingkungan UNIX sebagai pengetahuan awal sehingga bisa memudahkan dalam adaptasi terhadap sistem yang biasa digunakan oleh perusahaan skala besar tersebut. Selain itu dengan tersedianya source, mereka dapat melakukan eksperimen dan penelaahan apa saja dalam praktikum. 
  • Bagi perusahaan skala kecil dan menengah, Linux dapat menghemat biaya investasi UNIX dengan kemampuan yang hampir sama dengan operating system lain yang sudah ada yang harganya  relatif   mahal.   Desktop  dan   aplikasi   office   yang   lengkap   dapat   dimanfaatkan sebagai alternatif (kalau tidak boleh dikatakan pengganti) dari sistem operasi yang sering terkena virus.

Kemampuan Sistem Linux
   Multiuser   (bisa   digunakan   oleh   banyak   user),   meski   dalam   sebuah   PC   pada   saat
bersamaan.
   Kemampuan OS menangani banyak user secara simultan baik pada aplikasi yang sama
maupun aplikasi yang berbeda.
   Multitasking (bisa melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan)
   Kemampuan OS menangani sejumlah pekerjaan (task) secara simultan.
   Kernel  Linux   merupakan   kernel   modular   dimana   dapat   dikonfigurasi   dengan   modul
modul   (berupa  device   driver)  pluggable  yang   dapat   dipasang   atau   dilepas   sesuai




Oleh: 



No comments:

Post a Comment